Perlukah Mitsubishi Xforce Meniru Kiat Rebound Toyota Yaris Cross?

jbkderry.id – Gaikindo telah merilis data wholesales (data penjualan dari pabrik ke dealer) untuk bulan Maret 2024.

Dan salah satu hasilnya, Mitsubishi Xforce melanjutkan angka penjualan (wholesales) yang kurang bagus performanya yaitu 88 unit. Memang, masih sedikit lebih baik dibanding performa wholesales di bulan Februari 2024 yang membukukan angka 33 unit. Namun, ini masih jauh di bawah performa di bulan Januari 2024 yang ada di angka 808 unit.

Bahkan jika dibandingkan dengan data penjualan (wholesales) November 2023 sebesar 1.204 unit, dan juga Desember 2023 sebesar 1.440 unit, pencapaian di bulan Februari dan Maret 2024 menyisakan gap penjualan yang sangat lebar.

Ada apa Mitsubishi Xforce? Berdasarkan pengalaman jbkderry.id yang sempat mendapatkan pengalaman test drive selama dua hari di rute Solo-Semarang- Jogja, Compact-SUV dari Mitsubishi ini sangat pantas bersaing dengan para rivalnya termasuk dengan sang pemuncak abadi di segmen ini Honda HR-V.

Secara spek, desain, teknologi, hingga fitur-fitur pendukung, Mitsubishi Xforce sangat kompetitif. Brand Ambassador Mitsubishi yang juga salah satu legenda pereli terbaik Indonesia yaitu Rifat Sungkar, juga dalam beberapa kesempatan termasuk melalui akun Instagram pribadinya telah menjelaskan beberapa keunggulan teknis dari Mitsubishi Xforce.

Baca juga Mitsubishi XFORCE Lakukan Start Penjualan yang Manis

Namun, faktanya atau data penerimaan pasar tentu jauh dari harapan awal pihak Mitsubishi Indonesia yang mencanangkan angka penjualan 20 ribu unit pada tahun 2024 ini, atau kalau dirata-ratakan ada di kisaran 1.600 – 1.700 unit.

Baca juga MITSUBISHI XFORCE: BISAKAH MELEWATI ANGKA PENJUALAN TOYOTA YARIS CROSS?

Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan oleh pihak Mitsubishi Indonesia, agar usia Mitsubishi Xforce dapat melenggang lebih panjang, dan dapat kembali bersaing di papan atas dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta. Atau minimal, dapat lebih dahulu dapat berada di atas model-model kendaraan Compact SUV asal Tiongkok seperti Wuling Alvez dan Chery Omoda 5 yang saat ini berada di atasnya secara data wholesales.

Salah satu kiat instan, mungkin Mitsubishi Xforce bisa meniru pola Toyota Yaris Cross yang menggandeng tiga KOL otomotif paling top di Indonesia pada bulan Februari 2024. Hasilnya, lumayan mengesankan dimana Toyota Yaris Cross dapat langsung rebound ke posisi ketiga model terlaris di segmen Compat SUV pada bulan Februari 2024 dengan angka 335 unit, dan langsung meroket ke posisi kedua langsung di bawah Honda HR-V pada Maret 2024 dengan angka penjualan (wholesales) 658 unit.

Meski, tren rebound Toyota Yaris Cross ini apakah dapat berjalan panjang dan bahkan stabil, atau justru akan kembali menurun jika argo kerjasama dengan para KOL top itu sudah habis periodenya, dan berimbas pada gema/gaungnya volumenya menyusut…

Pasar otomotif di Indonesia ini memang terhitung unik, mobil terbaik secara spesifikasi pun dengan dukungan brand yang kuat pun tidak serta merta menjadi jaminan kesuksesan. Bagaimana menurut Anda?

Baca juga Mampukah 3 KOL Otomotif Paling Top di Indonesia Pulihkan Penjualan Toyota Yaris Cross?

TOYOTA YARIS CROSS: TANTANGAN REBOUND DI TAHUN 2024

Leave a comment