PILIH MANA: TOYOTA YARIS CROSS VS WULING ALVEZ?

jbkderry.id – Data wholesales Gaikindo di bulan November 2023 menunjukkan angka penjualan Toyota Yaris Cross kembali menurut dibanding bulan sebelumnya, dengan angka 612 unit (turun 35 unit dibanding pencapaian Oktober 2023).

Alhasil, andalan Toyota di segmen Compact SUV ini turun di posisi kelima sebagai mobil terlaris segmennya. Berada di bawah model terlaris Honda HR-V (2.001 unit), Mitsubishi Xforce (1.204 unit), Hyundai Creta (792 unit), dan Wuling Alvez (697 unit).

Wow, ada di bawah pencapaian wholesales Wuling Alvez, dan itulah salah satu fakta pasar otomotif di Indonesia yang menarik diulas lebih jauh kali ini, bagaimana perbandingan keduanya jika dipinang oleh konsumen.

Perbandingan Harga

Di situs resmi Wuling Indonesia, Alvez ditawarkan dalam 3 pilihan, yaitu:

– Versi standar SE M/T 6-percepatan Rp 209 juta

– Tipe tengah CE CVT Rp 255 juta

– Tipe tertinggi EX CVT Rp 295 juta

On the road Jakarta dan harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Sedang Yaris Cross berdasarkan informasi di website Toyota Astra Motor (20/12), ditawarkan dalam 6 varian, yaitu:

– Tipe standar G M/T 5-percepatan Rp 351 juta

– Tipe 1.5 G CVT Rp 364 juta

– Tipe 1.5 S CVT TSS Rp407,7 juta

– 1.5 S CVT TSS (Premium Color) Rp 410,2 juta

– 1.5 S GR CVT TSS Rp 417 juta

– Tipe tertinggi 1.5 S GR CVT TSS (Premium Color) Rp 420 juta

* Harga ini belum termasuk harga Toyota Yaris Cross HEV yang dipasarkan mulai Rp440,6 juta hingga Rp 454.95 juta.

Perbandingan Spesifikasi Mesin

Wuling Alvez ditenagai mesin bensin 1.5L 4-silinder segaris DVVT, DOHC yang disebut memiliki tenaga pundak 105 hp /5.800 rpm dan torsi maksimal 143 Nm yang dicapai rata pada putaran mesin 4.000 – 4.600 rpm.

Sedang Toyota Yaris Cross dibekali mesin bensin 1.5L 4-silinder segaris 16-katup DOHC with Dual-VVT-i bertenaga puncak 105 hp/4.200 rpm dan torsi maksimal 138 Nm/4.200 rpm.

* Data teknis mesin ini belum termasuk Toyota Yaris Cross HEV yang dilengkapi mesin bensin konvensional dan motor listrik.

Perbandingan Dimensi

Wuling Alvez memiliki dimensi panjang 4.350mm, lebar 1.750mm, tinggi 1.610mm, dan jarak antar sumbu roda 2.550mm. Kapasitas tangki 45 liter.

Sedang Toyota Yaris Cross memiliki dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan jarak antar sumbu roda 2.620 mm. Kapasitas tangki 42 liter.

Perbandingan Fitur Unggulan

– Wuling Alvez

Wuling Alvez dilengkapi dengan fitur unggulan seperti panel instrumen dilengkapi dengan MID berukuran 7 inci dengan User Interface yang sama dengan Wuling Almaz. Sistem infotainment Wuling Cortez juga terdapat pada mobil ini, dilengkapi dengan layar 10,25 inci yang mencakup hiburan dan panel kontrol mobil.

Wuling Alvez dilengkapi dengan Wuling Indonesia Voice Command serta Advance Driver Assistance System yang dapat diatur melalui layar infotainment. Namun sayangnya, mobil ini belum dilengkapi dengan Android Auto maupun Apple CarPlay.

Fitur-fitur unggulan lainnya seperti sistem keselamatan terintegrasi Advanced Driver Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV) atau Wuling Remote Control App yang dapat terkoneksi ke smartphone melalui aplikasi MyWuling+ dan perintah suara pintar berbahasa Indonesia pertama pada Wuling Indonesian Command (WIND).

Untuk fitur keamanan Wuling Alvez, terbagi dalam empat kategori. Pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, yang dilengkapi Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Pada fitur WIND mengusung konsep WIND Technology That Inspires sehingga memberikan pengalaman mengendarai Alvez lebih mudah dan praktis. Berbagai fitur dengan perintah berbahasa Indonesia dapat membantu pengendara berkonsentrasi saat berada di perjalanan. Mulai dari pengaturan AC, mengontrol jendela, hingga Panoramic Sunroof.

Fitur keselamatan Wuling Alvez tidak hanya pada ADAS, tetapi juga dilengkapi dilengkapi fitur keselamatan tambahan yang membuat keselamatannya semakin terjamin seperti dual airbags, rem ABS+EBD, hill hold control, ESC (Electronic Stability Control), dan Tire Pressure Monitoring System.

– Toyota Yaris Cross

Dari situs resmi Auto2000, berikut beberapa fitur unggulan yang ada pada Toyota Yaris Cross:

– Power Back Door: Pintu bagasi dapat membuka dan menutup secara elektris.

– Kick Sensor Pintu Bagasi: Cukup memberi gerakan kaki ke bawah bumper belakang dan sensor akan membacanya. Meski diklaim sebagai yang pertama di kelasnya, fitur sejenis ada rivalnya Mitsubishi Xforce.

– Electric Seat Adjuster: Fitur di kursi pengemudi dapat diatur secara elektris, dan diklaim sebagai fitur pertama di kelasnya.

– EV Mode: Toyota Yaris Cross yang hadir dalam pilihan mesin hybrid telah dilengkapi fitur ini, sehingga dapat lebih efisien dalam konsumsi BBM.

– Toyota Safety Sense: Fitur keselamatan canggih ini menjadi satu di antara unggulan utama, dengan beberapa fitur turunan yaitu Pre-Collision Warning dan Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning dan Prevention, dan Adaptive Cruise Control.

– Panoramic Sunroof dengan Power Sunshade.

– Multi Ambient Illumination Light with Voice Command Control.

– Drive Mode: Eco, Normal, Power.

Informasi Tambahan: Layanan Dealer

Salah satu hal utama yang menjadi poin penting konsumen yaitu layanan penjualan dan purna jual yang luas.

Berdasarkan informasi terkini (16/12) saat artikel ini dibuat, Wuling telah memiliki 121 dealer yang tersebar di 79 kota di Indonesia. Sebuah ancaman yang cukup serius buat Toyota yang saat ini memiliki 364 dealer di 144 kota di Indonesia.

Leave a comment