3 Alasan Hyundai IONIQ 5 Bakal Laris Manis di Indonesia

jbkderry.id – Jumat 22 April 2022 nampaknya jadi hari yang ditunggu para penggemar Hyundai IONIQ 5 di Indonesia.

Ya, pasalnya di hari ini akhirnya, Hyundai Motors Indonesia (HMID) akhirnya mengumumkan banderol harga mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia itu.

Berikut data harga On The Road Jakarta, serta kemampuan jarak tempuh masing-masing (berdasarkan hasil pengetesan Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP) Eropa):

  • Signature Long Range (tipe tertinggi) : Rp 829 juta (jarak tempuh 451 Km)
  • Signature Standard                    : Rp 779 juta (jarak tempuh 384 Km)
  • Prime Long Range                      : Rp 759 juta (jarak tempuh 481 Km)
  • Prime Standard Range (tipe terendah) : Rp 718 juta (Jarak tempuh 384 Km)

Untuk versi Standard (baik Signature maupun Prime) dibekali baterai berkapasitas 68 kW, dengan tenaga puncak 170 PS dan torsi maksimal 350 Nm.

Sementara versi Long Range (baik Signature maupun Prime) dibekali baterai 72,6 kW dengan tenaga puncak 217 PS dan torsi maksimal 350 Nm.

Dari beberapa referensi, Hyundai IONIQ 5 memiliki ukuran dimensi setara Hyundai Tucson, jadi terhitung besar.

Nilai keunikan lain pada Hyundai IONIQ 5 adalah pada jarak antar sumbu rodanya (3.000mm) yang lebih panjang bahkan dibanding Hyundai Palisade (2.900mm) dan Hyundai Santa Fe. (2.765mm).

Hal ini dimungkinkan secara rekayasa teknikal, karena Hyundai IONIQ 5 menjadi mobil listrik pertama dari pabrikan Korea ini yang dibekali platform eksklusif, Electric Global Modular Platform (E-GMP). Ini adalah platform ekslusif dari Hyundai untuk generasi masa depan mobil listrik mereka.

Dengan berbekal E-GMP, Hyundai IONIQ 5 dapat menawarkan desain yang inovatif, ruang kabin yang lapang, performa tinggi, pengisian daya listrik cepat, dan jarak tempuh panjang.

Kenapa Bakal Laris Manis di Indonesia?!

Dari informasi di situs resmi HMID, sebelum harganya dirilis resmi ke publik pada Jumat 22 April 2022 saja sudah ada lebih dari 1.400 SPK yang dikantongi (informasi resmi dari situs HMID).

Ya, meski harga mobil-mobil Hyundai saat ini makin mahal di Indonesia, namun terbukti animo membeli masyarakat makin meninggi. Simak saja data penjualan Hyundai Creta yang mampu konsisten masuk daftar 20 mobil terlaris sepanjang Januari – Maret 2022. Padahal di situ bercokol sang raja Honda HR-V yang juga baru rilis model terbarunya.

Alasan lain kenapa bisa laris manis di Indonesia, karena Hyundai IONIQ 5 menjadi model kendaraan kedua Hyundai yang diproduksi di Indonesia pada fasilitas pabriknya di Cikarang-Bekasi, Jawa Barat.

Sepertinya ada nilai kebanggaan lebih di benak konsumen otomotif Indonesia, ketika produksi sebuah kendaraan ada di dalam negeri.

Alasan ketiga kenapa Hyundai IONIQ 5 bisa laris manis di Indonesia, karena konsumen loyal Hyundai dikenal sangat melek referensi, khususnya referensi global.

Dengan alasan itu, mereka (konsumen otomotif Indonesia) pasti paham Hyundai IONIQ 5 pada tahun 2022 ini saja sudah dianugerahi setidaknya 3 (tiga) penghargaan prestisius, yaitu Car of the Year di Inggris, Car of the Year di Jerman, dan yang terbaru sebagai World Car of the Year di ajang New York International Auto Show(NYIAS) 2022.

Bahkan di ajang NYIAS 2022, Hyundai IONIQ 5 juga memborong 2 (dua) penghargaan prestisius lainnya, yaitu World Electric Vehicle of the Year dan World Car Design of the Year.

Bagaimana, makin naksir? Sama!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: