Toyota Indonesia Perkenalkan New Hiace dan New Dyna Euro 4

jbkderry.id – 7 April 2022, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan New Hiace dan New Dyna yang telah memenuhi standar emisi Euro 4 yang mulai berlaku pada bulan April ini.

Perkenalan New Dyna juga menjadi bagian komitmen Toyota dalam menyambut pelaksanaan kebijakan peraturan ODOL (Over Dimension & Over Loading) untuk kendaraan pengangkut barang.

New Hiace: Lebih Bertenaga & Penambahan Fitur

Dalam siaran persnya, pihak TAM menyebut kehadiran New Hiace untuk memenuhi kebutuhan industri wisata, travel, kesehatan, dan beberapa industri lain. Untuk itu disebut ada penyempurnaan pada kinerja mesin dalam hal tenaga dan efisiensi, serta kehadiran beberapa fitur kenyamanan yang lebih baik.

Toyota meningkatkan kinerja mesin diesel pada Hiace Commuter dengan memasang power unit 1KD-FTV 2.982 cc bertenaga 136 PS pada 3.400 rpm dan torsi 30,6 Kgm pada 1.200 – 2.400 rpm, disalurkan melalui transmisi manual yang ekonomis dan berdaya tahan tinggi ke roda belakang.

Penambahan kapasitas mesin merupakan upaya memperkuat kemampuannya mengangkut penumpang di segala medan jalan, meningkatkan kualitas berkendara, serta membuat Hiace Commuter lebih efisien dalam mengolah bahan bakar. Ditambah, mesin diesel Hiace juga sudah memenuhi standar Euro4.

Adapun beberapa sentuhan penyegaran diberikan pada Hiace Commuter 16-seater. Pada tampilan eksterior, terdapat New Electric-Retractable Outer Mirror, New LED Foglamp, serta pilihan warna Silver Metallic dan White. Untuk memudahkan parkir, didukung dengan New Parking Sensor. Terdapat juga tambahan fitur USB Charging sebanyak 4 ports untuk memastikan seluruh penumpang memperoleh akses charging baterai smartphone. Hiace Commuter juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti 3-Points Seat Belt di seluruh bangku, Dual SRS Airbags, dan rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai safety features.

Model tertingginya Hiace Premio tetap mengandalkan mesin 1GD-FTV 2.800 cc 4 silinder VNT Intercooler melewati transmisi manual 6-speed yang sudah terbukti ketangguhannya sejak 2019. Apalagi sekarang unit diesel ini sudah memenuhi aturan emisi EURO 4. Dapur pacu ramah lingkungan ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 176,8 PS pada 3.400 rpm dan torsi 42,8 Kgm pada 1.400 – 2.600 rpm.

Desain luar Hiace Premio yang modern dan berkelas juga mendapatkan tambahan New Parking Sensor. Sementara fiturnya kini dilengkapi dengan USB Charging sebanyak 4 ports, New Parking Camera, dan Display Audio AVX 7 Inch guna memenuhi kebutuhan hiburan seluruh penumpang. Sebagai model paling mewah dengan menawarkan kenyamanan kabin, Hiace Premio memiliki 10 Rear Seat Number and Arrangement untuk memastikan seluruh penumpang dapat menikmati perjalanan dengan rileks dan tenang.

Selain itu, New Hiace juga telah dilengkapi dengan layanan after sales manfaat program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis ke-6 (maksimal 4 tahun / 50.000 KM mana yang tercapai lebih dulu). Manfaat program ini dapat dinikmati di seluruh diler resmi Toyota di Indonesia.

New Dyna: Performa Mesin Lebi Bertenaga & Desain Lebih Modern

Sementara New Dyna disebut hadir dengan performa mesin tinggi dan desain yang lebih modern.

New Dyna Hadir dengan Mesin yang Lebih Bertenaga dan Design yang Lebih Modern

New Dyna kini hadir dengan line-up baru melalui 3 tipe yaitu 115 ST 4×2 5 MT, 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT, dan 136 HT HI-GEAR 4X2 6 MT (PTO). Power Take Off (PTO) adalah fitur yang menyalurkan tenaga mesin untuk menggerakkan perangkat lain seperti alat untuk mengangkat bak pada dump truck.

Bersamaan dengan pelaksanaan aturan standar emisi EURO 4 untuk diesel engine, Toyota memasang mesin baru N04C-W 4.000 cc. Tidak hanya ramah lingkungan, powertrain New Dyna memiliki tenaga dan torsi lebih besar, serta lebih efisien.

Tercatat, tenaga yang dihasilkan mencapai 115 PS pada 2.500 rpm dan torsi 36 Kgm pada 1.200 – 2.200 rpm untuk 115 Series. Sedangkan untuk 136 Series, tenaganya mencapai 136 PS pada 2.500 rpm dan torsi 40 Kgm pada 1.400 – 2.500 rpm. New Dyna 115 Series masih memanfaatkan transmisi manual 5-speed, sedangkan 136 Series memanfaatkan transmisi manual 6-speed baru.

Penggunaan dapur pacu baru juga sebagai upaya untuk meningkatkan GVW (Gross Vehicle Weight) guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap kemampuan New Dyna dalam membawa barang sesuai regulasi Zero ODOL (Over Dimension & Over Loading). Pada 115 Series, GVW meningkat dari 5,2 Ton menjadi 5,4 Ton, sementara pada 136 Series, GVW meningkat dari 8,25 Ton menjadi 8,6 Ton.

Tidak hanya pada mesin, improvement juga dilakukan pada beberapa detail eksterior dan interior truk sebaguna ini. Di antaranya adalah More Tough Look Design pada bumper dan grille depan, desain baru pada lampu utama dan panel bodi depan, logo Toyota yang lebih besar, New Design with White Color Lens Foglamp, dudukan spion samping sewarna bodi, grade sticker dan stiker EURO 4 sebagai penanda sudah sesuai regulasi yang ditetapkan oleh Pemerintah. New Dyna hadir dengan warna bodi ikonik yaitu Red.

Masuk kebagian dalam, warna kabin diubah lebih gelap agar tampil lebih gagah . Termasuk beberapa sentuhan ringan seperti desain terkini blower AC ditambah boost ventilator, desain baru pada center cluster dan mobile stand, lokasi laci penyimpanan baru di bawah dashboard, serta seat cover yang kini berwarna dark brown dengan pola desain anyar.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: