Manfaat Spooring untuk Suspensi dan Ban Mobil

jbkderry.id – Informasi ini dari saring dari siaran pers Suzuki Indonesia pada 11 Februari 2022, semoga ada manfaatnya.

Salah satu problema di kaki-kaki mobil yang seyogyanya dihindari adalah kinerja roda yang tidak selaras, sehingga bisa mempengaruhi kondisi suspensi dan ban.

Nah, inilah gambaran singkat pentingnya pemeriksaan dan pengaturan wheel alignmet (spooring) secara berkala, untuk memastikan camber, caster, toe, dan kingpin inclination berfungsi seimbang.

Camber: Tingkat kemiringan roda pada bagian atas apabila dilihat dari sudut vertikal. Pemeriksaan untuk memastikan sudut ban tidak miring ke dalam atau ke luar.

Caster: Sudut dari garis simetri kingpin dan garis vertikal di bidang datar. Sudut ini berfungsi menyeimbangkan kemudi, memberikan stabilitas, dan menyeimbangkan kendaraan ketika di jalanan menikung.

Toe: Sudut yang berbelok ke dalam atau ke luar apabila dilihat dari atas menggunakan alat ukur yang digunakan. Apabila terjadi kesalahan maka dapat mempercepat keausan roda.

Kingpin Inclination: Sudut terhadap garis vertikal dan bisa dilihat dari bagian depan kendaraan, atau disebut juga Steering Axis Inclination yang dapat menimbulkan jarak offset semakin kecil. Pemeriksaan berfungsi untuk mengatahui kestabilan mengemudi ketika menggelinding di sekitar kingpin.

“Pemeriksaan wheel alignment atau spooring sebaiknya dilakukan setiap enam bulan sekali, dan untuk mobil Suzuki tentu saja sebaiknya pemeriksaan dianjurkan dilakukan di bengkel resmi Suzuki, karena ditangai oleh teknisi yang sudah berpengalaman,” kata Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: