Ngobrolin Low-MPV 1.5L Seken Pintu Geser: Honda Freed vs Nissan Evalia

jbkderry – Keberadaan Low-MPV 1.5L pintu geser dengan model boxy alias kotak bisa dibilang nanggung untuk memenuhi harapan atau keinginan konsumen otomotif di tanah air.

Dibilang nanggung, karena terbukti akhirnya Honda menghentikan Freed, Nissan menghentikan penjualan Evalia, dan Toyota sangat seret menjual Sienta.

Meski kurang populer di kategori mobil baru, namun di segmen mobil bekas bisa jadi lain cerita.

Minat beli pembeli mobil bekas segmen low-MPV semisal Honda Freed dan Nissan Evalia masih tergolong diminati, dan harga jualnya lumayan terjaga.

Honda Freed: Pasarannya Bisa Di Atas Mobil Baru

Saat artikel ini dibuat 7 Februari 2022 dengan memasukkan kata kunci “Dijual Honda Freed” ketemu sumber di situs Mobil 123 seperti tangkapan layar di bawah ini:

Sumber: Mobil123.com

Bahkan dari sumber yang sama dari situs Mobil123.com seperti terlihat di bawah ini, ada yang tembus sampai Rp 194 juta, what?!

Sumber: situs Mobil123

Harga tersebut hanya terpaut tipis (sekitar Rp 3,6 juta) dari harga baru New Mobilio S M/T seperti tangkapan layar di bawah ini dari situs resmi Honda Prospect Motor:

Atau Honda Freed yang seharga Rp 185 juta pun sudah ada di atas harga mobil baru Wuling Confero S 1.5 C seperti tangkapan layar di bawah ini yang diambil dari situs resmi Wuling Indonesia per tanggal 7 Februari 2022, atau Freed yang seharga Rp 194 juta (meski masih bisa ditawar) juga hanya terpaut tipis (Rp 3,3 juta) dari tipe tertinggi Wuling Confero S 1.5 ACT.

Sumber: situs Wuling.id

Ya, rada kebangetan juga, tapi itulah faktanya. Setidaknya berdasarkan data rill di jagat maya.

Lantas apa kelebihan Honda Freed yang membuatnya masih digdaya alias kuat di segmen mobil bekas?

Yang pasti desain eksteriornya yang nampak mewah dan berkelas, serta tentu saja sesuai judul akses pintu gesernya yang mempermudah akses masuk dan keluar penumpang, apalagi di ruang garasi atau parkir yang terbatas.

Dari berbagai sumber juga di jagat maya, Honda Freed pun disebut nyaman dikendarai, fitur keamanan terhitung lengkap, dan ACnya dingin (apalagi yang sudah double-blower).

Selain kelebihan, tentu ada juga faktor kelemahannya, di antaranya pintu bagian sliding door disebut suka menimbulkan bunyi, tarikan bawahnya lemot, dan ruang bagasi terbatas.

Nissan Evalia: Harga Lebih Terjangkau

Dibanding Honda Freed, harga Nissan Evalia dari data di jagat maya lumayan lebih terjangkau seperti juga tangkapan layar di situs Mobil 123 di bawah ini:

sumber: Mobil123.com

Selain lebih murah, tahun pembuatannya pun lebih mudah.

Nissan Evalia menggunakan mesin Grand Livina yakni HR15DE. Menurut pengalaman jbkderry, mesin ini tergolong irit BBM dan punya performa yang cukup baik, hanya saja rekomendasi seorang SA di Nissan Depok sebaiknya menggunakan Pertamax (RON92). Kenapa sebaiknya hanya jenis Pertamax? Karena seperti yang bisa Anda cari tahu juga di internet, mesin HR15DE ini mudah ngelitik saat awal akselerasi atau di tanjakan (kecuali kalau skema pengapian standar oleh bengkel ahli sudah diubah itu lain soal).

Kelebihan lain dari mobil Nissan dibanding mobil sekelasnya asal Jepang adalah kinerja suspensinya yang bisa dikatakan ramah untuk seluruh penumpang. Hanya saja untuk Evalia punya dimensi tinggi dan ground clearance yang lumayan tinggi, serta lebar sedikit lebih pendek dibanding Honda Freed, kabarnya punya efek limbung yang lebih tinggi pula khususnya selepas tikungan.

Kembali ke soal kinerja kaki-kaki yang baik, namun sektor ini juga rentan timbul masalah. Dan jadi rahasia umum juga, harga suku cadang mobil Nissan di atas rata-rata mobil Jepang lain sekelasnya.

Kesimpulan:

Soal pilih mana tentu kembali ke selera dan pilihan Anda masing-masing, termasuk soal ketersediaan anggaran.

Harga di ulasan informasi kelas secangkir kopi di atas juga dalam pengamatan termasuk harga tertinggi di pasaran saat diulas, dan bisa Anda dapatkan juga dengan harga beli di bawah ulasan di atas.

Itu saja dulu, mudah2an ada manfaatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: