jbkderry.com – Kamis 27 Februari 2020, media kelas secangkir kopi jbkderry.com menerima email dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).
Isi emailnya tentang panggilan perbaikan untuk model kendaraan Mitsubishi Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica.
Ketiga model kendaraan dari Mitsubishi ini dipanggil ke bengkel resmi Mitsubishi di seluruh Indonesia untuk perbaikan pada desain Engine Auto Tensioner yang kurang sempurna dan dapat mengakibatkan tekanan/gaya tahanan geser (sliding resistance force) menjadi tinggi seiring umur pemakaian, sehingga efeknya bisa mempengaruhi durabilitas komponen tersebut.
Hal ini dapat berpotensi menyebabkan dudukan Engine Auto Tensioner yang dibautkan ke blok mesin retak saat mesin sedang digunakan dalam kondisi beban/putaran tinggi secara berulang (overload driving).
Dalam kondisi terburuk, Engine Auto Tensioner akan patah/pecah dan drive belt yang berfungsi sebagai penerus putaran mesin untuk menyatukan putaran pompa oli power steering, putaran alternator serta putaran pompa air sirkulasi cairan pendingin radiator ini terlepas.
Dalam kondisi drive belt yang terlepas ini berakibat pada lampu engine check menyala, kehilangan tekanan oli power steering, performa baterai/accu menurun, dan mesin menjadi overheat.
Hingga pengumuman pemanggilan perbaikan ini, pihak MMKSI menyebut belum ada laporan kejadian dari adanya masalah pada Engine Auto Tensioner tersebut di Indonesia.
“Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab kami dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas. Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di dealer resmi dengan prosedur yang mudah serta kompensasi penggantian part yang terkait tanpa biaya,” ungkap Eiichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT MMKSI.
Pihak MMKSI juga mengatakan dalam emailnya akan mengirimkan surat undangan kampanye perbaikan kepada konsumen yang kendaraannya terlibat dalam kampanye melalui dealer kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia.
Dalam kampanye perbaikan ini, konsumen tidak akan dipungut biaya apapun. Perbaikan dilakukan dengan penggantian komponen baru yang telah dikembangkan lebih baik dengan estimasi waktu perbaikan sekitar 1,5 jam untuk penggantian Engine Auto Tensioner pada Lancer EX, Outlander Sport, dan Delica.
Kampanye ini akan dimulai tanggal 28 Februari 2020 di seluruh diler kendaraan penumpang Mitsubishi Motors di Indonesia.
Konsumen dapat menghubungi diler kendaraan penumpang Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan, konsumen juga dapat memeriksa nomor rangka kendaraannya apakah terlibat atau tidak pada kampanye perbaikan ini dengan mengakses https://apps.mitsubishi-motors.co.id/kampanye-perbaikan/. Untuk informasi lokasi dan kontak diler terdekat dapat dilihat di www.mitsubishi-motors.co.id/cari-dealer
Kampanye perbaikan ini akan melibatkan unit kendaraan dengan detail sebagai berikut:
Field Fix Campaign | Jumlah Kendaraan Terlibat (Unit) | Model | Tahun Produksi |
Penggantian Engine Auto Tensioner |
1.217 |
Lancer EX | 2008-2010 |
2 |
Outlander Sport | 2010-2011 | |
1 | Delica |
2010 |