SEBERAPA BONGSOR SEBENARNYA HONDA ADV 150?

Jakarta – Artikel khas kelas secangkir kopi ini coba membantu memberikan gambaran seberapa bongsor “mainan” skuter matik terbaru Honda, ADV 150?

Bukan apa-apa, dua sumber foto dari dua KOL yang berbeda (apa tuh KOL? Pokoknya orang yang kondang di jagat mayalah pokoknya), penjelasannya berbeda.

Kedua foto itu objeknya sama yakni Yamaha XMAX 250 dan Honda ADV 150, tapi sudut pandang yang dihasilkan beda.

Satu foto yang nampak kontras dan berwarna memperlihatkan Yamaha XMAX 250 katanya jauh lebih gede ketimbang Honda ADV 150. Sementara satu pesohor jagat maya lainnya (memang dikenal sebagai FBH) menampilkan postur Yamaha XMAX 250 seolah setara dengan Honda ADV 150.

Hmm, jadi bingung arah pesan para KOL kondang ini, sebenarnya Honda ADV 150 itu jadi rivalnya Yamaha Aerox 155 VVA, Yamaha NMax 155, Yamaha XMAX 250, atau generasi baru Yamaha NMax 155 yang kabarnya bentar lagi rilis?

Daripada bingung cari pegangan kayak pas lagi gempa bumi, mending kita cari tahu saja perbandingan spesifikasi detail resminya biar jelas dan gak asal nyerap informasi dari para spin doctor.

Honda ADV 150

Berikut sumber informasi resmi dari situs Astra Honda Motor per tanggal 5 Agustus 2019:

Panjang X Lebar X Tinggi 1.950 x 763 x 1.153 mm
Tinggi Tempat Duduk 795 mm
Jarak Sumbu Roda 1.324 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm
Curb Weight 132 kg ( Tipe CBS ), 133 kg ( Tipe ABS – ISS )

Yamaha NMax 155

Berikut informasi resmi dari situs Yamaha Indonesia per tanggal 5 Agustus 2019:

P x L x T 1.955 mm x 740 mm x 1.115 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat Isi 127 kg
Kapasitas Tangki Bensin 6,6 L

Yamaha Aerox 155 VVA

Berikut informasi dari situs resmi Yamaha Indonesia per tanggal 5 Agustus 2019:

P X L X T 1990mm X 700mm X 1125mm
Jarak sumbu roda 1350mm
Jarak terendah ke tanah 142mm
Tinggi tempat duduk 790mm
Kapasitas tangki bensin 4,6 L
Berat isi 116 kg

Yamaha XMAX 250

Berikut informasi dari situs resmi Yamaha Indonesia per tanggal 5 Agustus 2019:

P X L X T 2185mm X 775mm X 1465
JARAK SUMBU RODA 1540mm
JARAK TERENDAH KE TANAH 135mm
TINGGI TEMPAT DUDUK 795mm
BERAT ISI 179 KG
KAPASITAS TANGKI BENSIN 13 Liter

Mari kita utak-atik perbandingan data dimensinya

1. Kalau acuannya tinggi posisi duduk, ya Honda ADV 150 setara dengan Yamaha XMAX 250, yakni 795 mm. Tapi itu tidak terpaut jauh dari tinggi posisi duduk Yamaha Aerox 155 VVA yakni 790 mm.

2. Secara tinggi kendaraan, Honda ADV 150 memang lebih tinggi  38 mm dibanding Yamaha NMax 155 dan  28 mm dibanding Yamaha Aerox 155 VVA. NAMUN, jika dibandingkan Yamaha XMAX 250 tinggi Honda ADV 150 jelas cukup kebanting, dengan perbedaan tinggi terpaut 312 mm.

3. Secara panjang, Honda ADV 150 lebih pendek 5 mm dibanding Yamaha NMax 155 dan 40 mm dibanding Yamaha Aerox 155 VVA. Apalagi dibanding Yamaha XMAX 250 terpaut 235 mm lebih pendek Honda ADV 150.

4. Secara lebar, Honda ADV 150 lebih lebar 23 mm dibanding Yamaha NMax 155 dan 63 mm ketimbang Yamaha Aerox 155 VVA, tapi sedikit lebih pendek 12 mm ketimbang Yamaha XMAX 250.

5. Jarak antar sumbu roda Honda ADV 150 lebih pendek 26 mm ketimbang Yamaha NMax 155 dan Yamaha Aerox 155 VVA, serta lebih pendek 216 mm ketimbang Yamaha XMAX 250.

6. Jarak terendah bodi ke tanah, Honda ADV 150 lebih tinggi 30 mm ketimbang Yamaha NMax 155 dan Yamaha XMAX 250, serta lebih tinggi 23 mm ketimbang Yamaha Aerox 155 VVA.

Kesimpulan a la media kelas secangkir kopi

1. Dari perbandingan proporsi lebar, jarak terendah bodi ke permukaan jalan, serta jarak antar sumbu roda, dapat dibilang desain Honda ADV 150 untuk ngejar image sebagai skutik berpetualang cukup dapat.

Asumsinya proporsi lebar itu memiliki peran penting dalam stabilitas laju, khususnya saat melalui permukaan jalan yang tidak rata. Lalu jarak antar sumbu roda yang lebih pendek tentu mempengaruhi sisi kelincahan saat bermanuver, berpindah lajur atau memutar di ruas jalan yang lebih sempit.

Pun demikian dengan jarak terendah bodi ke permukaan jalan akan menciptakan rasa yang lebih aman saat melintasi permukaan jalan yang rusak dan berlubang, serta genangan air.

2. Secara perbandingan dimensi, jbkderry.com lebih suka menyebut Honda ADV 150 coba membuka pangsa pasar yang baru di kelas skutik mid-size 150cc – 155 cc. Dari data dimensinya, Honda ADV 150 nampak mengejar image sebagai skutik mid-size 150cc untuk petualangan, meski saat berada di atasnya untuk sesaat, kesan itu jbkderry.com belum dapatkan.

Sebagai pandangan kompromi atas pandangan tersebut, jbkderry.com lebih suka menyebut Honda ADV 150 lebih pas buat para penunggang Yamaha X-Ride 125 yang ingin naik ke kelas yang lebih tinggi.

Persoalan bunyi mesin yang geredek di Honda PCX 150 lokal kabarnya sudah tidak terjadi nantinya pada Honda ADV 150, itu data dari media bidang otomotif kenamaan berdasarkan informasi dari pihak Honda Indonesia.

Hmm, itu saja dulu deh informasi kelas secangkir kopi kali ini. Jika ada pendapat berbeda atau ingin menambahkan silakan berkomentar di bawah. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk mampir.

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: