Jakarta – Melihat sosok naked bike Honda CB300R, jbkderry.com langsung momen kenangan bersama si Tigi (Honda Tiger 2000) yang dipakai aktif 2004 – 2009, dan nangkring di garasi dua tahun (2009 – 2011) sebelum akhirnya dijual daripada jadi sarang laba-laba.
Mungkin yang baca artikel kelas secangkir kopi ini ada yang bertanya, “Apa sih enaknya CB300R yang cuma satu silinder dan banderol harganya (di India) tembus Rs 2.41 Lakhs (atau sekitar Rp 50 juta)?”
Harga segitu di India, setara dengan KTM Duke 390. Artinya, kalau Honda CB300R sampai di Indonesia mungkin tembus di kisaran Rp 100 jutaan. Pasalnya KTM Duke 390 berdasarkan informasi di jagat maya saat artikel ini dibuat, harganya tembus Rp 108,5 juta.
Hmm, disparitas alias jarak harganya untuk menjangkau konsumen loyal Honda Tiger 2000 yang sudah stop penjualannya sejak tahun 2014 terasa agak kejauhan yah…
Ya, ini tidak terlepas dengan penetapan pajak motor di atas 250cc yang melambung tinggi sejak tahun 2015 lalu di Indonesia.
Tapi kembali ke soal Honda CB300R, meski terasa jauh tapi kans untuk meraih ceruk pasti ada. Kan, pasti sudah banyak juga loyalis Honda Tiger 2000 yang kini kondisi keuangannya sekarang sudah naik dan jauh lebih membaik.
Lantas apa saja alasan untuk bisa jatuh cinta pada Honda CB300R si naked biked yang mulai dipasarkan di Jepang dan India pada tahun 2019 ini:
Desain Super Seksi
Sulit rasanya bagi biker sejati gak jatuh cinta pada desain Honda CB300R, apalagi buat para pecinta Honda Tiger 2000 seperti jbkderry.com. Desain ini kabarnya mengadopsi moge Honda CB1000R dalam dimensi yang lebih kecil.
Sederhananya, CB300R menawarkan pesona desain neo-retro cafe-racer a la kamus desain Honda.
Model rangka teralis yang diberi nama Steel Diamond oleh Honda juga menjadi nilai pesona kuat lainnya pada desain Honda CB300R.
Performa untuk Pangeran Muda (Belum Kelas Sultan)
Performa mesin satu silinder berkapasitas 286cc yang mampu meletupkan tenaga 30 bhp dan torsi 27,5 Nm, mungkin terdengar bisa diimbangi dengan mesin motorsport dual-silinder 250cc seperti Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250 dan Yamaha YZF-R25.
Belum lagi deru mesin satu silinder umumnya gak segahar mesin dual silinder, etapi…
Naik motor naked bike seperti Honda CB300R bukan soal adu kecepatan di jalan raya. Dengan performa mesin seperti itu, Honda CB300R sudah bisa membawa pengendaranya laksana pangeran muda saat membelah jalur utara ataupun jalur selatan Jawa.
Mesin satu silinder 286cc dari Honda CB300R ditandemkan dengan transmisi manual 6-percepatan.
Sederhananya buat biker moge pemula yang ingin naik kelas, Honda CB300R bisa jadi salah satu alternatif pilihan yang baik.
Informasi Spesifikasi Unggulan Lainnya
Honda CB300R telah dibekali dengan lampu LED di seluruh bagiannya. Sistem pengeremannya juga dilengkapi dengan fitur CBS dan ABS.
Kapasitas tangkiya 10-liter, dengan bobot kosong 143 kg. Ban depan menggunakan ukuran 110 mm dan belakang 150 mm. Suspensi depan masih cenderung konvensional yaitu menggunakan garpu teleskopik 41mm, sementara suspensi belakang telah dilengkapi fitur preload adjustment.
Berbeda dengan pasar India yang baru dipasarkan dengan pilihan dua warna yaitu tangki berwarna merah atau hitam, di Jepang, Honda CB300R juga hadir dengan pilhan tangki berwarna matte blue.
Ya, kira-kira itu dulu informasi ringan mengenai si seksi naked bike Honda CB300R. Tinggal berharap apakah Astra Honda Motor bakal memasukkannya ke Indonesia di tahun 2019 ini…