
Pesona kendaraan berdesain SUV berkapasitas 2.000cc rupanya terus meroket di Indonesia.

Simak saja data penjualan dua pabrikan Honda dan Hyundai di IIMS 2017.
All New CR-V yang baru diperkenalkan di IIMS 2017 dengan dua pilihan mesin 2.0L CVT dan 1.5 Turbo menjadi model kendaraan terlarisĀ Honda. Model kendaraan SUV ini mampu terjual 1.060 unit atau sekitar 30% dari total penjualan 3.555 unit selama 11 hari pameran IIMS.

Sebaliknya Tucson generasi ketiga yang juga dihadirkan dalam dua varian mesin 2.0L bensin dan 2.0-L CRDi EVGTurbo juga berhasil model kendaraan terlarisĀ Hyundai sepanjang IIMS 2017. Hyundai Tucson bisa terjual 34 unit.
Untuk review All New Honda CR-V 1.5 T dan All New Hyundai Tucson CRDi EVGTURBO akan saya bahas di artikel terpisah.
HARGA

All New Honda CR-V 2.0L dengan transmisi CVT ditempeli banderol harga Rp 432 jutaĀ on the roadĀ Jakarta dan kepemilikan pertama (harga sewaktu – waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan).
Sementara All New Hyundai Tucson 2.0L ditawarkan dalam 2 (dua) tipe yaitu GLS Rp 385 juta dan tipe XG Rp 417 jutaĀ on the roadĀ Jakarta dan kepemilikan pertama (harga sewaktu – waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan) dengan sistem transmisi otomatisĀ shiftronicĀ 6-percepatan.
DIMENSI

All New Honda CR-V 2.0L punya dimensi panjang 4.535 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.685mm, serta jarak antar sumbu roda 2.620 mm.

All New Hyundai 2.0L punya dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.645 mm, serta jarak antar sumbu roda 2.670 mm.
FITUR
All New Honda CR-V 2.0L di antaranya telah dilengkapi Panoramic Roof,Ā tilt and telescopic steering, power tailgate,Ā sertaĀ velg berukuran 18-inci.
Fitur serupa bisa Anda didapatkan pada All New Hyundai Tucson tipe XG.
DESAINĀ
Nah,Ā kalau ini kembali kepada soal selera masing – masing Anda. Jika Anda penggemar berat Honda, desain All New CRV masih kental dengan sentuhan garis – garis desain SUV a la Honda.
Sebaliknya jika Anda ingin keluar dari pakemĀ maintream, All Hyundai Tucson hadir dengan filosofi desain terbaruĀ Fluidic Sculpture 2.0Ā yang dikembangkan di Hyundai Design Center di Russelsheim, Jerman.
MESIN
All New Honda CR-V dibekali mesin 2.0 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW yang mampu meletupkan tenaga puncakĀ 154PS / 6.500 rpmĀ dan torsi maksimalĀ 189Nm / 4.300rpm.
Sementara All New Tucson dibekali mesin bensin 2.0 MPI DOHC 16 katup yang mampu meletupkan tenaga puncakĀ 157 ps / 6.200 rpm dan torsi Ā maksimal 196,2 Nm / 4.000 rpm.
STANDAR SAFETY – CRASH TEST
Maaf, kalau saya mengambil data dari Euro NCAP, tapi menurut saya lembaga yang bermarkas di Brussels (Belgia) ini paling independen dan kredibel di dunia.

Saya tidak menemukan data terbaru pengujian All New Honda CR-V, hanya ada pengujian terakhir pada tahun 2013 dengan hasil tertinggi 5-Bintang. Untuk hal ini, saya belum mendapat informasi data apakah All New CR-V yang baru diperkenalkan di IIMS 2017 Ā menggunakan sistem rangka yang sama.
Hanya logika sederhananya, kalaupun beda mestinya generasi terbaru ini punya standar keamanan yang lebih baik dan telah disempurnakan.
Bagaimana dengan Hyundai Tucson? SUV yang didesain oleh Peter Schreyer (mantan desainer Audi) ini juga mendapat sertifikasi penilaian tertinggi 5-Bintang dari Euro NCAP. Tidak heran sih menurut saya, mengingat pengembangannya juga telah melalui pengujian komprehensif termasuk di Hyundai Test Center yang memiliki akses langsung dengan sirkuit Nurburgring, salah satu sirkuit balap tertua dan tersulit di dunia.
Pengembangan interior desain Hyundai Tucson juga melibatkan seorang Indoensia bernama Sandy Hartono yang merupakanĀ Section Manager (Interior Design) dari Hyundai Design Center Europe.
Saya pernah bercakap – cakap langsung dengan Sandy di pameran GIIAS 2016 lalu. Saat itu Sandy bilang, kualitas pengembangan mobil Hyundai di Jerman selalu langsung dibandingkan dengan Volkswagen.
KESIMPULAN
Buat saya, kedua mobil berdesain SUV dan bermesin bensin 2.0L ini adalah pemenang. Buat Anda yang merupakan penggemar berat Honda, tentu All New CR-V 2.0 sangat layak dipinang.
Sementara All New Hyundai Tucson 2.0 pas sebagai pilihan bagi konsumen yang anti mainstream namun tetap mengedepankan kualitas pengembangan mobil terdepan.
Anda sendiri pilih yang mana?